Kamis, 06 Juni 2013

persiapan jalan jalan ke thailand / luar negri

                          assalamualaikum ,,  selamat malam semua.. :)

      punteun akang dan teteh, iseng iseng nih mau berbagi info dan pengalaman sama kawan² tentang persiapan waktu mau pergi ke phuket thailand,, yang sebelumnya ga ada niatan buat pergi kesana,, tp ternyata ide itu muncul tiba² karna sebelumnya saya juga belum pernah pergi keluar negri,,maklum orang kampung :)), yaa aga was-was juga urusan visa (on arrival) dan viscal (padahal udah ga di berlaakukan viscalnya :D)

       yaa tp ambil keputusan untuk langsung beli tiketnya dgn bismillah saya beranikan diri, saya ajak temen saya yang juga masih awam soal berangkat ke luar negri.

langkah² yang saya siapkan :
1.budget untuk jalan²
2.beli tiket
3.urus passport   (2 dan ke 3 tebalik nih :D:D (salah langkah) )


1. budget saya bawa sekitar 5juta rupiah.
      
      saran saya agar membeli dollar/euro di indonesia , walaupun bisa menukar rupiah disanaa tp lebih baik jika anda membeli dollar/euro di indonesia dan menukarnya dengan bath di thailand,, dan tidak menggunakan kartu debet (tentunya yg ada logo visa/mastercard)  karna kena charge-nya lumayan besar sekitar 150ribu /sekali penarikan uang di mesin atm,, 

uang bath thai. 1bath = Rp.300 (kurang lebih)

2. tiket
      
        saya beli tiket 3 minggu sebelum keberangkatan, beli tiket secara online jadi puas milih² waktu yang tepat dan harga yang minim,, dan saya sarankan agar membeli tiket pulang pergi, agar tidak mendapat masalah dgn imigrasi di thailand, kalo soal viscal/pajak jangan khawatir karna udah dihapus sm pemerintah RI.

         saya beli tiket ekonomi airasia pp sekitar 1,4jt, dan saya sarankan bagi yang membawa tas besar dan barang di atas 10kg untuk membeli bagasi secara online, atau beli tiket yang sudah included bagasinya, karna jika membeli pas waktu check-in harganya bisa 2x lipat, saya beli 150ribu untuk 15/20kg kalo ga salah, pada waktu check in, dan kita juga harus membayar airport tax 150ribu di bandara soekarno hatta.
airasia

3.passport
    
     pertama saya memperpanjang passport yang emang ga pernah dipake sebelumnya, tapi patut di acungi jempol untuk imgrasi indonesia dalam mengurus passport, mudah tepat waktu dan ga ada pungli, top markotop! 14 hari kerja jadi passport anda, dengan syarat; persyaratan harus disiapkan (KK,KTP,dll)..


welcome to thailand





         nah saran saya agar booking hotel terlebih dahulu secara online karena harganya jauh lebih murah biasanya di agoda.com  atau booking.com diperlukan credit card atau paypal untuk pembayarannya. hotel bintang 3 bisa sampai 250ribu harganya, tapi jika sudah di thailand anda akan mendapatkan harga normal mungkin sekitar 500-700 ribu dengan kamar yg sama.


       mudah²an bermanfaat nih, nah untuk perjalannannya saya akan buat di blog selanjutnya,, see you there ;)

2 komentar:

  1. gw pingin ke thailand nh tpi msh bingung soal bahasa nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. brangkat aja gan,, kehebatan manusia itu bisa berkomunikasi dengan yang lain walaupoun tidak bisa bahasa mereka, kalo lo mau minum pasti lo bisa dapet minum, kalo mau ke hotel pasti bisa,, walaupun berbeda bahasa.. itulah manusia, belajar basic nya aja gan, yang penting penting aja, kaya how much=berapa atau i want to go to saya mau pergi ke, pasti bisa deh gan apa lagi kalo terpaksa hehehe,, ayo berangkat! terus share ceritanya disni pasti seru hehe..

      Hapus